Tanpa disadari, Inilah 7 Penyebab Gampang Sakit, Sistem Kekebalan Tubuh Menurun

Perubahan cuaca yang tidak menentu menyebabkan suhu mudah terombang-ambing. Hal ini akan mempengaruhi kondisi fisik setiap orang. Bagi mereka yang memiliki kebal atau pertahanan tubuh yang kuat, perubahan ini tidak akan berpengaruh signifikan terhadap kesehatan tubuh. Namun, bagi mereka yang memiliki sistem kekebalan yang lemah, kondisi ini mempengaruhi kesehatan mereka yang membuat orang tersebut rentan terhadap penyakit.

Jika sistem kekebalan Anda lemah, proses penyembuhannya juga memakan waktu cukup lama. Agar tidak mudah sakit, sebaiknya kenali penyebab menurunnya daya tahan tubuh dan segera cari solusinya. Menyesuaikan dari kesehatan dan dokter, inilah tujuh alasan Anda cenderung terkena penyakit.

1. Tidak adanya nutrisi

Nutrisi dibutuhkan oleh manusia sebagai sumber bahan bakar. Untuk sementara, energi memiliki kapasitas besar untuk mendukung berbagai kegiatan. Zat gizi yang dapat menghasilkan energi terdapat pada karbohidrat, lemak dan protein. Agar tidak membutuhkan nutrisi, segera penuhi asupan makanan Anda. Puaskan empat makanan sehat lima makanan yang indah sehingga kekebalan Anda tetap terjaga, terutama selama musim badai.

2. Kurang tidur

Sama seperti mesin, tubuh kita juga butuh istirahat agar tidak mudah sakit. Istirahat salah satunya dengan kebiasaan tidur. Jika sudah larut malam, sebaiknya cepat-cepat tidur agar keesokan harinya bisa beraktivitas dengan bugar dan tidak lesu.

Tidur yang sehat untuk orang dewasa adalah normal 7-9 jam setiap hari. Jika kurang dalam hal, itu akan membuat sistem keamanan menjadi lemah. Selama tidur, sistem kekebalan tubuh akan melepaskan sitokin untuk melawan berbagai penyakit dan iritasi. Supaya kamu tidak mudah sakit.

3. Dehidrasi

Ketiadaan cairan atau kekeringan ternyata berisiko terkena penyakit, antara lain sakit kepala, lemas, dan sembelit. Selain itu, kekurangan hidrasi akan membuat tubuh tidak bekerja sesuai harapan. Jadi, segera atasi masalah cairan tubuh sebelum Anda mudah terserang penyakit.

4. Stres terus-menerus

Banyaknya stres juga menjadi pemicu individu mudah jatuh sakit. Ini termasuk sakit kepala, penyakit jantung dan depresi. Agar stres tidak berlarut-larut dan menyebabkan penyakit, segera cari solusi dengan menenangkan diri atau mencari bantuan psikolog atau psikiater.

5. Kebersihan tangan tidak terjaga

Tangan kita harus selalu sempurna dan benar-benar selalu bersih, apalagi kuku yang panjang dan kotor, langsung dipotong dan tangan kita harus dibersihkan dengan sabun dan air mengalir. Karena di ruang tangan terdapat banyak kuman dan mikroorganisme yang menempel akibat kita sering bersentuhan dengan berbagai benda di sekitar. Jika kita jarang mencuci tangan, terutama saat makan, maka organisme mikroskopis dan kuman akan masuk melalui makanan yang kita makan dan tubuh akan mudah terserang penyakit. Jadi jangan malas untuk mencuci tangan.

6. Kesehatan mulut yang buruk

Menjaga kesehatan mulut adalah salah satu cara agar Anda tidak mudah sakit. Dengan menyikat gigi dua kali sehari tanpa lelah, mulut Anda akan tetap sempurna dan sehat. Jika Anda jarang membersihkannya, mikroorganisme di mulut Anda akan tumbuh lebih besar dan menyebabkan penyakit dan iritasi.

7. Gangguan imun tubuh

Pemicu terakhir yang membuat individu mudah sakit adalah gangguan kebal. Hal ini membuat beberapa individu akan mengalami sistem kekebalan yang tidak bekerja seperti yang diharapkan, seperti kondisi keturunan atau faktor bertambahnya usia.

Itulah tujuh pemicu individu mudah jatuh sakit. Setelah mengetahui penyebabnya, Anda dapat dengan cepat melakukan apa saja untuk mencegahnya agar tetap sehat selalu. Namun, setelah menjalani pola hidup sehat Anda tetap saja sakit, sebaiknya Anda mengunjungi dokter spesialis untuk penanganan yang lebih pas.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.