Memahami Apa Itu Penyakit Kesehatan Mental Hingga Cara Mencegahnya

Gearuncensored.com – Kesehatan emosional mungkin sering luput dari perhatian semua orang. Padahal, kondisi pikiran yang sehat merupakan salah satu kunci untuk menjaga kesehatan tubuh dan terhindar dari berbagai penyakit. Namun, apakah Anda mengerti apa itu kesejahteraan psikologis? Untuk mengetahuinya, lihat ulasan yang menyertai hampir semua kesejahteraan emosional yang ingin Anda waspadai.

Apa itu kesehatan psikologis?

Mental adalah hal-hal yang berhubungan dengan jiwa dan insting manusia. Dengan kata lain, kesehatan emosional adalah suatu kondisi ketika jiwa dan karakter manusia dalam keadaan biasa, tenang, dan tenang, sehingga mereka dapat melakukan aktivitas dan menghargai keberadaan sehari-hari.

Untuk memahami lebih dalam, Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyebutkan, kesejahteraan emosional mencakup kesejahteraan manusia yang dekat dengan rumah, psikologis, dan sosial. Hal-hal ini membantu manusia untuk berpikir, merasakan, dan bertindak, serta mengelola stres, terhubung dengan individu lain, dan menetapkan pilihan yang ideal.

Kemudian lagi, seseorang dengan keadaan pikiran yang buruk akan sulit untuk mengendalikan emosi, stres, dan tidak dapat berpikir, merasakan, bertindak, dan mengejar pilihan dengan benar. Faktanya, seseorang dengan mentalitas yang buruk cenderung memiliki hubungan yang buruk dengan orang-orang di sekitarnya atau sering menarik diri dari kehidupan sosialnya.

Namun, CDC menekankan bahwa kesejahteraan psikologis yang buruk dan perilaku disfungsional bukanlah hal yang sama. Seseorang dapat mengalami kondisi mental yang buruk, tetapi tidak harus didiagnosis dengan jenis gangguan mental tertentu. Kemudian lagi, individu yang didiagnosis dengan perilaku disfungsional dapat mengalami periode kesejahteraan mental, fisik, dan sosial yang baik.

Mengapa kesehatan mental itu penting?

Kesejahteraan psikologis merupakan bagian penting dalam setiap derajat eksistensi manusia, mulai dari masa kanak-kanak, remaja, hingga dewasa. Faktanya, dalam banyak kasus dirujuk, keadaan psikologis pada masa kanak-kanak dapat mempengaruhi peningkatan psikologis seseorang hingga dewasa.

Oleh karena itu, penting bagi seseorang untuk memiliki mental yang sehat sejak dini. Dengan memiliki mental yang sehat, seseorang dapat merasakan berbagai manfaat dalam menyelesaikan hidupnya, seperti:

-Lebih siap untuk beradaptasi dengan stres dan tekanan hidup.
-Sehat jasmani atau rohani.
-Dapat menjalin hubungan yang baik dengan orang-orang secara individu.
-Dapat berkontribusi pada masyarakat.
-Bekerja secara menguntungkan.
-Ketahui tentang kapasitas Anda yang sebenarnya.

Tidak hanya itu, kesehatan psikis dan fisik juga erat kaitannya. Seseorang yang memiliki gangguan jiwa, terutama depresi, dapat meningkatkan risiko berbagai masalah fisik di kemudian hari, seperti stroke, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung.

Kemudian lagi, kondisi fisik yang konstan dapat meningkatkan risiko penyakit psikologis pada seseorang. Oleh karena itu, menjaga kesehatan mental dan fisik sangat penting untuk mencegah berbagai penyakit yang secara positif akan menghambat hidup Anda.

Apa saja yang dapat memengaruhi kesehatan mental?

Kesejahteraan emosional seseorang dapat berubah dalam jangka panjang. Ini tergantung pada banyak faktor yang Anda alami atau alami selama hidup Anda.

Sebagian besar, perubahan psikologis ini terjadi ketika Anda dihadapkan dengan tuntutan atau beban yang melampaui sumber daya dan kemampuan Anda. Misalnya, tinggal di tempat kerja lebih lama dari waktu yang dibutuhkan atau diperpanjang, benar-benar fokus pada anggota keluarga yang sakit, atau menghadapi masalah keuangan (seperti berhutang atau membutuhkan). Dalam kondisi ini, kondisi psikologis Anda bisa membusuk dan Anda menjadi tidak berdaya melawan stres.

Namun, tidak hanya itu, hal lain dapat menyebabkan Anda terganggu secara intelektual. Berikut adalah beberapa kondisi yang mungkin mempengaruhi kesejahteraan emosional seseorang:

-Faktor organik, seperti genetika atau kecanggungan kimiawi di otak besar.
-Pengalaman hidup yang pahit, seperti cedera, kebiadaban, atau pelecehan.
-Latar belakang keluarga gangguan jiwa.
-Gaya hidup, seperti rutinitas makan yang kurang baik, tidak adanya aktivitas fisik, konsumsi minuman keras yang berlebihan, atau -penggunaan obat-obatan.

Terlepas dari kenyataan bahwa itu bisa berubah menjadi buruk, Anda masih dapat melatih kondisi psikologis Anda. Ini harus dimungkinkan dengan meditasi, teknik relaksasi, atau mungkin melalui terapi dan obat-obatan tertentu, terutama jika dikaitkan dengan perilaku disfungsional.

Bagaimana cara menjaga kesehatan mental?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, menjaga mentalitas yang sehat sangat penting untuk dilakukan siapa pun. Dengan menjaga kesejahteraan psikologis, Anda dapat hidup dan menghargai kehidupan sehari-hari dan terhindar dari berbagai penyakit.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda dapat mempelajari langkah-langkah atau cara menjaga kesehatan psikologis di bawah ini:

-Berbagi atau mendiskusikan perasaan Anda dengan seseorang yang Anda percaya dapat membantu Anda merasa didukung dan bukan satu-satunya.
-Tetap dinamis, mirip dengan olahraga. Pasalnya, olahraga bisa bekerja pada kondisi pikiran Anda.
-Terapkan rejimen makan sehat untuk mengikuti kerja otak dan organ lain dalam tubuh yang bagus untuk kesejahteraan emosional Anda.
-Jauhi minuman keras, rokok, dan obat-obatan yang dapat mempengaruhi psikologis dan membahayakan organ tubuh Anda. -Periksa tingkat minuman keras darah Anda melalui mesin penambah kesehatan ini.
-Tidur yang memuaskan dapat mengawasi keadaan pikiran dan emosi serta mencegah depresi dan gangguan kegugupan.
-Bersosialisasi dan menjaga hubungan baik dan tetap berhubungan dengan keluarga atau kerabat.
-Pastikan untuk meminta bantuan jika Anda mengalami kesulitan beradaptasi atau menindaklanjuti sesuatu.
-Lakukan aktivitas yang Anda sukai, menyenangkan, dan tentunya sehat.
-Akui dan syukuri semua yang kamu miliki.
-Tidak hanya meminta bantuan kerabat, penting juga bagi Anda untuk membantu teman yang sedang dalam keadaan sulit.
-Berpikirlah positif, karena pikiran negatif mempengaruhi keadaan psikologis Anda.
-Dapatkan vitamin D secara alami dari matahari. Vitamin D sangat bagus untuk kesehatan psikologis karena membantu otak melepaskan bahan kimia yang meningkatkan pola pikir.

Anda ingin menerapkan metode di atas secara terus menerus untuk mendapatkan manfaat yang ideal. Namun, jika Anda merasakan tanda-tanda gangguan psikologis, seperti perasaan putus asa, episode emosional yang parah, atau bahkan kecenderungan untuk menyakiti diri sendiri dan orang lain, Anda harus segera berkonsultasi dengan profesional, seperti psikiater atau psikolog.

Seorang profesional dapat membantu Anda mengelola masalah psikologis apa pun yang Anda hadapi, sehingga Anda dapat kembali ke aktivitas biasa Anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.