Inilah Manfaat Bawang Dayak bagi Kesehatan, Bisa Mencegah dari Berbagai Penyakit

Gearuncensored.com – Ada banyak jenis bawang yang tersedia, mulai dari bawang merah, bawang putih, bawang bombay, bawang mutiara, daun bawang hingga daun bawang. Namun pernahkah Anda mendengar tentang jenis bawang dayak?

Nama bawang dayak mungkin tidak begitu dikenal orang pada umumnya. Meski begitu, bawang bombay ini sama seperti kebanyakan jenis bawang lainnya yang digunakan sebagai bumbu dapur. Selain untuk keperluan dapur, bawang dayak juga berkhasiat untuk kesehatan tubuh seseorang.

Bawang dayak sendiri berasal dari Kalimantan, Indonesia. Nama bawang dayak didapat karena bawang ini umumnya dikembangkan dan sering digunakan oleh masyarakat dayak. Bawang bombay khas Kalimantan yang memiliki nama latin Eleutherine palmifolia L Merr ini sudah cukup lama dipercaya oleh sebagian orang untuk mengobati berbagai macam penyakit.

Jika dilihat sekilas, bawang dayak tidak jauh berbeda dengan bawang merah pada umumnya. Namun bawang dayak memiliki bentuk yang lonjong dan lebih serasi dibandingkan dengan bawang merah, ukuran umbi bawang dayak juga lebih kecil, warnanya merah cerah, dan permukaan kulitnya lebih halus. Perbedaan antara bawang dayak dan bawang merah biasa adalah tidak memiliki aroma yang menyengat dan tidak mengiritasi mata saat diiris.

Bawang dayak sendiri mengandung zat alami seperti alkaloid, steroid, flavonoid, tanin, naptoquinones, antrakuinon, saponin, triterpenoid, dan glikosida yang sangat bagus untuk tubuh.

Lalu apa saja manfaat bawang dayak bagi tubuh? Dikutip dari Liputan6.com, berikut beberapa manfaat bawang dayak untuk kesehatan tubuh.

1. Kontrol Tekanan Darah

Manfaat kesehatan pertama bawang dayak adalah mengendalikan tekanan peredaran darah. Hipertensi atau hipertensi merupakan penyakit yang cukup normal pada banyak orang. Apalagi penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang dapat menimbulkan berbagai komplikasi berbahaya. Khasiat bawang dayak untuk kesehatan terkait dengan kandungan senyawa acillin yang dapat menurunkan denyut nadi. Hal ini membuktikan bahwa bawang dayak dapat mengalahkan berbagai penyakit, bahkan penyakit serius sekalipun.

2. Mengobati Diabetes

Manfaat bawang dayak yang kedua adalah dapat mengobati diabetes. Hal ini tidak terlepas dari kandungan berbagai senyawa seperti flavonoid, glikosida, alkaloid, dan juga saponin yang berperan dalam menurunkan kadar glukosa.

3. Bermusuhan dengan Kanker

Manfaat bawang dayak yang ketiga untuk kesehatan adalah sebagai antikanker. Hal ini karena adanya senyawa naftokuinon yang terkandung dalam bawang dayak. Senyawa ini, jika digabungkan dengan senyawa lain, dapat menjadi spesialis antikanker dan menurunkan kadar sel cyclin-E, sehingga sel penyakit dapat menggigit debu. Namun sebelum Anda menggunakannya, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter perawatan primer Anda agar lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping untuk penyakit Anda nantinya.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Masih berhubungan dengan senyawa yang dikandungnya, salah satu manfaat bawang dayak bagi kesehatan adalah dapat mencegah penyakit jantung. Senyawa fenolik yang terdapat pada bawang dayak berperan dalam mencegah penyakit jantung. Tentu saja ini adalah berita yang menggembirakan bagi individu dengan penyakit jantung, karena penyakit ini mungkin adalah penyakit paling mematikan di planet ini.

5. Ginjal Sehat

Manfaat bawang dayak selanjutnya adalah dapat menyehatkan ginjal. Hal ini karena konsentrat dari bawang dayak bersifat diuretik dan siap menurunkan kadar kalsium dan pH kencing sehingga dapat memperlancar penghancuran dan pengusiran batu ginjal.

6. Mencegah Radikal Bebas

Radikal bebas menjadi salah satu penyebab maraknya berbagai penyakit dalam tubuh seperti pertumbuhan ganas hingga penyakit jantung. Bawang dayak mengandung antosianin yang mampu menangkal radikal bebas. Antosianin ini juga yang menyebabkan warna merah alami pada umbi bawang dayak. Dengan berkurangnya radikal bebas di dalam tubuh, maka risiko pertumbuhan ganas, penyakit jantung, dan penyakit berbahaya lainnya juga akan berkurang.

7. Anti Inflamasi

Iritasi atau kejengkelan adalah mekanisme tubuh dalam melindungi diri dari kontaminasi mikroorganisme asing, seperti virus, organisme mikroskopis, dan pertumbuhan. Senyawa flavonoid yang ditemukan dalam bawang dayak membuat perbedaan yang meringankan. Sehingga bawang merah ini dipercaya memiliki pilihan untuk mengatasi penyakit yang dimulai dari iritasi, seperti hepatitis, radang sendi, dan radang amandel atau tonsilitis.

8. Mengobati Sakit Perut dan Flu

Manfaat bawang dayak yang terakhir untuk kesehatan adalah dapat mengobati sakit perut. Hal ini karena adanya tanin pada bawang dayak. Berkat kandungan tanin ini, bawang dayak dapat dijadikan sebagai solusi alami untuk mengobati sakit perut. Tanin dapat mengurangi banyak gas dalam pencernaan, meringankan kentut untuk mengalahkan masalah sembelit atau sembelit. Jadi Anda bisa menggunakan bawang dayak saat sedang sakit perut.

Selain itu, bawang dayak sudah sejak lama dimanfaatkan oleh masyarakat Dayak sebagai obat flu. Zat glikosida yang terkandung dalam bawang dayak merupakan pendorong utama bawang dayak dapat mengatasi influenza, hingga menurunkan demam.

Itulah beberapa manfaat bawang dayak untuk kesehatan. Meski banyak sekali manfaat bawang bombay biasa ini, Anda tetap tidak boleh memakannya secara berlebihan. Seimbangkan dengan makanan sehat lainnya agar kondisi tubuh tetap prima dan tidak ada efek samping. Jika Anda memiliki keinginan untuk menikmati manfaat bawang dayak dengan lebih aman, lebih baik berkonsultasi dengan dokter perawatan primer Anda terlebih dahulu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.